14 April 2016

Manado Punya Srigatif



Bagi sebagian orang mendengar kata “ jalanan “ pasti hal pertama yang terbayang adalah pengemis, pengamen, gembel, gelandangan, kotor, dan atau bisa jadi film anak jalanan yang tidak bermutu itu. Pastinya kan ?


Tapi bagi gue, mendengar kata “ jalanan “ hal yang pertama terbayang adalah sekelompok dancer


Kenapa ? 


Karena saat itu juga ingatan gue langsung tertuju kepada “ SRIGATIF “ 


Paan tu SRIGATIF ?? Srigala Primitif Yan ?


No, no, no. Jadi SRIGATIF ini adalah salah satu street dance crew yang berbasis di Manado. Beranggotakan Hanly, Adit, Lucky, Steeve, Melky, Dio, Leon, dan Udd. Anyway member yang terakhir ini bikin gue kesemseman tiap hari, ntar deh ceritanya dipostingan selanjutnya. :D 


Njut!


Berdasarkan perspektif gue sebagai penelaah etimologi ( cie banget kata – kata gue ). Kata Srigatif berasal dari nama Srigala yang kemudian di modernisasikan menjadi Srigatif. Maka tak heran apabila mascot dari dance crew ini adalah Srigala. 

Srigatif
Srigatif memulai debutnya sebagai penari jalanan pada tanggal 17 Januari. CMIIW yah. Soalnya resourcenya gue liat di postingan video aniv pertama mereka di Instagram. Gue juga kurang tahu pasti kapan mereka membentuk Srigatif. 


Srigatif sering di undang untuk mengisi event – event sekolahan, profit/non profit oriented event, dan pastinya sering ikutan dance competition. Dan tak lupa pula mereka sering mengisi acara kerohanian. Member Srigatif juga dipercayakan untuk melatih dance crew sekolahan, beberapa diantaranya adalah SMA Frater Don Bosco, Eben Haezar, SMA Kristen Tomohon, dan SMK N 1 Manado.


Kenapa sih gue memilih Srigatif untuk direview di blog gue ?


Ada beberapa alasan yang menurut gue mereka layak banget untuk di review di blog gue.


Pertama, mereka adalah street dance crew yang low profile. Gue salut dan bangga terhadap aksi mereka di jalanan yang mau memberi sumbangsi kepada para pekerja jalanan (street workers) yang memiliki keterbatasan dari segi fisik dan juga finansial. Mereka rela menyumbangkan dana yang didapat dari hasil jeri payah ikutan kompetisi dance untuk diberikan kepada pekerja jalanan tersebut. Videolah yang membuat mereka terinspirasi akan hal itu. 



Kedua, mereka bukan street dance crew asalan. Memang mereka berasal dari jalanan, but isn’t mean mereka dancer jalanan yang asalan atau yang identik dengan kenakalan. Logisnya, mana mungkin street dance crew asalan tapi kok di undang untuk ngisi acara kerohanian ? Think again. Terlebih lagi diberi kepercayaan untuk men-coaching dance crew sekolahan.


Ketiga, they are hardworker. Faktanya mereka tidaklah memilki sebuah ruangan berkaca untuk digunakan sebagai tempat latihan. Tapi dengan jiwa jalanan mereka, tempat bukanlah halangan untuk tidak latihan. Dimana ada open space disitulah mereka berada. Bahkan ketika menjelang malam, emperan ruko adalah langganan mereka latihan. Bagi orang awam pasti yang terbesit dalam benak merek kayak gini : ngapain sih ikut – ikutan kompetisi dance ? wong juara hadiahnya juga ngak seberapa ? Hey please don’t underestimate. Dalam hal ini mereka show bukan mempersoalkan ingin juara atau mendapatkan hadiah, but which is hanya demi eksistensi Srigatif agar tidak meredup. Tetap tunjukan prestasi boy!


Keempat, kompak. Whatever is going on. Atmosfir jiwa korsa setiap membernya begitu kuat. Mau sedih, susah, senang akan dilalui bersama. 


Kelima, mereka adalah generasi pemerhati lingkungan. Yeeh men!! i really fucking love this dance crew. Tiap hari rabu mereka menyelipkan waktu disela – sela jadwal latihan mereka hanya untuk kegiatan bersih – bersih lingkungan. Contohnya membersihkan pesisir pantai. I really appreciate it. Bagi kalian yang udah pernah datang ke Manado atau belum, coba deh perhatikan pesisir pantai yang sekaligus menjadi hillir DAS Sario. Liat deh sampah – sampah yang mewarnai pesisir tersebut. Sungguh sangat mencemari pemandangan dan tidak enak dipandang. Saat Srigatif turun bersih - bersih, bayangkan ada 50 kantong sampah yang mereka kumpulkan. Amazing bro! gue salut banget atas inisiatif kalian dalam hal ini. Dewasa.. :)




Keenam, they are wacky people. Bhahaha… Inilah point penting kenapa gue pengen banget ngereview mereka. Dari semua Vlog Week mereka di youtube ampir semuanya bikin gue ngakak ngak ketulungan. Lucu parah! Belum lagi kalau mantengin Vidgram mereka.. Bhahaha kalau ngak di logout insta gue paling hanya Vidgram mereka terus yang gue putar berulang kali. They showed who truly they are. Ngak ada yang disembunyi – sembunyiin. Ngak ada yang acting, dan ngak ada yang dibuat – buat, that’s they are..  Lucu gila parah ! Kalau istilah Manado “ Cokodidi dan Macico “ Bhahahaha.. peace boy! :* but, itulah kelebihan mereka dibandingkan dengan dance crew lain yang SOK JAIM!!

Aksi gila Srigatif



Kira – kira 6 alasan itulah kenapa gue pilih mereka, dan dari hal – hal yang mereka lakukan itu sungguh sangat memberikan influence bagi gue secara pribadi. Teruslah berkarya dan menginspirasi banyak orang. Kalian mengagumkan :’) 

Piet Hein Pusung

And anyway saat ini mereka sedang berjuang di Dance Icon Indonesia 2 di SCTV. I hope to y’all guys bisa mendukung mereka dan bisa menjadikan mereka juara di kompetisi ini. Caranya gampang banget tinggal sms ketik DI spasi SRIGATIF dan kirim ke 97288. Satu dukungan kalian adalah hal paling berarti bagi mereka. Kirim sebanyak - banyaknya yah :')



" NORTH CELEBES "

51 komentar:

  1. Mungkin bagi yang belum tahu srigatif ini akan beri komentar nggak enak sama street dance. Hmm udah pinter ngedance terus hasilnya nggak di makan sendiri malah di sumbangin sama orang yang lebih membutuhkan. Salut!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya wida smga perspktif mrka trhdp street dance bisa berubah klu ngeliat Srigatif lbh dekat.

      Hehehe of course kita harus salut dan berbangga kpd mrka. Thank Wid :) jgn lpa dukung mereka yah :)

      Hapus
  2. salut sama srigatif, meskipun udah memiliki banyak fans tapi tetap low profile dan menunjukkan karya bukan sensasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. That's right buddy (y) ttp dukung srigatif yah. :)

      Hapus
  3. bener2 serigala yang kreatif (y)

    BalasHapus
  4. Mauu komen kaakk hehe.
    Srigatif itu kepanjangan dari Srigala Atraktif:D hehe

    BalasHapus
  5. Srigatif juga sudah mulai debut mereka lama bangettt. Tapi dulu, mereka itu terpisah-pisah. Sebagian dari mereka dulunya adalah member Rejasq Squad:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga rugi ga nyesel ngefans sama mereka yah 😍😍

      Hapus
    2. Defa : iya dek ka aat, leonardo lucky, leonadr gahansa dari rejasQ tapi udah kepisah. :)

      Ulfa : eeeh ibu kost komen, pasti donng buk kita ngak bakalan nyesel sama mereka. yang ada hanya rasa bangga dan kagum doang. :*

      Hapus
  6. Oh Srigatif nama dance crew, hehehe.. kirain apaan

    BalasHapus
  7. Sumpah keren, pala gw puyeng liat tuch kepala kebalik di jalanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahahaha itu bukan kepala mas cum :D

      Hapus
    2. Semoga anak2 indonesia makinkreatif dalam hal positifyaaa

      Hapus
  8. uwuwuwu
    aku penonton setia DII@..
    Tapi belom punya jagoan nih.
    Srigatif emang keren siih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaaayukk jadikan srigatif sbgi jagoan mu. Hihihi :D

      Hapus
  9. Aaaaakh, kereeen nih Srigatif :D aku jujur aja malah baru tau ini loh :D kayaknya seru ya kalau jalanan dihibur sama streetdance macam srigatif yang jempalitan dizebracross itu :D wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wohohoho... pastinya donk. lu mau ngak kalau gue ajak jempalitan kayak mereka feb ? :p

      Hapus
  10. Wuahhhh aku udah lama gak ngikutin dance icon. Acara kesukaan ku nih. Waktu masih babak penyisihan aku lihat yg manado emang keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. iya mba manado emang keren (y) :p

      Hapus
  11. waahh foto yg di zebra cross itu di mana? kereen...
    Semoga Srigatif menaaangg

    BalasHapus
    Balasan
    1. disekitaran kampung arab paling mba :D
      Aminn.. amin..

      Hapus
  12. Our Dolphins Flag is constructed of polyester, measures 3x5 feet, and has two metal grommets for attaching to a traditional flagpole, tailgate pole, or our 6' aluminum flagpole. The perimeter of our Dolphins Flag is double stitched and the Officially Licensed NFL Miami Dolphins team logos are dye sublimated into the flag so they won't peel. Due to its large size, this flag is also perfect to hang in your game room, sports room, office, or kids room.
    house divided flags nfl
    house divided flags nhl
    nfl house flags
    Houston Oilers stars and stripes flags

    BalasHapus
  13. Il Chelsea 16-17 terzo kit dispone di una combinazione di colori tradizionale in bianco e blu. Realizzato da Adidas, la nuova terza maglia del Chelsea 2016-2017 è stato rilasciato il 29 luglio ed è impostato per funzionare come Maglia nelle Coppe.nfl house flags
    nfl flags wholesale
    nfl house divided flagscheap St.Louis Rams house divided flags

    BalasHapus
  14. this is awesome blog. i have visited. it made me happy. really nice.
    https://pinoytvtambayanreplay.com/

    BalasHapus
  15. nice to have visit of this blog. i really liked this. i a gonna put into my favorites.
    http://pinoyteleseryehdreplay.su/

    BalasHapus